Cara
Menemukan Penerbit Buku
15.1 MEMILIH PENERBIT
Satu
hal yang harus segera disadari adalah artikel ilmiah umumnya dapat diajukan
hanya ke satu jurnal ilmiah pada suatu waktu, sebuah proposal buku biasanya
dapat diserahkan ke beberapa penerbit sekaligus. Ini menjadi keuntungan anda
untuk menyerahkan proposal ke beberapa penerbit, karena apa yang menarik bagi
satu penerbit, mungkin kurang menarik atau tidak menarik sama sekali bagi
penerbit yang lain. Setiap penerbit mempunyai prioritas dan standardnya
tersendiri dalam menilai proposal. Sebelum mengirim proposal kepada penerbit,
lihatlah pada beberapa buku yang baru diterbitkan oleh penerbit untuk
memastikan apakah buku anda sepadan. Atau mungkin anda ingin menulis surat
permintaan yang singkat kepada penerbit yang berisi apa yang ingin anda lakukan
dan bertanya apakah penerbit tertarik untuk melihat proposalnya.
15.2 PROPOSAL
Di
dalam sebuah proposal terdapat beberapa bagian yang berbeda. Disini akan
dijelaskan bagian-bagian tersebut.
15.2.1 Pembukaan
Sebuah
buku proposal dibuka dengan judul “Buku Prospektus” atau “Buku Proposal” pada
bagian atas dan judul yang diusulkan dan pengarang atau penulis buku pada
bagian bawah.
15.2.2 Deskripsi Buku
Inti
dari proposal dimulai dengan mendeskripsikan tentang apa buku ini. Cerita apa
yang ingin anda ceritakan? Kenapa mengenai cerita itu dan apa yang membuatnya menarik?
Penerbit buku harus menjual buku, mereka hanya peduli apakah anda memiliki
hal-hal yang menarik untuk dikatakan. Jika tidak, mereka akan kehilangan uang
apabila mereka menerbitkan bukunya.
15.2.3 Pembaca Buku
Untuk
menulis buku, kita juga perlu memperhatikan untuk siapa buku itu ditulis. Apakah
akan ditulis hanya untuk ahlinya, untuk sarjana, untuk pelajar, atau untuk
umum. Apakah buku yang ditujukan untuk para ahli saja cukup memberikan
keuntungan? Apa buku yang ditujukan untuk umum namun isinya biasa saja juga
cukup memberikan keuntungan? Tentukan secara menyeluruh yang menurut anda
mungkin akan tertarik dan mengapa mereka tertarik.
12.2.4. Garis Besar
Buku
Memberikan
garis besar pada buku harus termaksut memasukan seluruh bab dari buku tersebut,
buku tersebut harus terorganisir dengan logis, dan perkembangan yang masuk akal
dari awal hingga akhir, buatlah ringkasan semenarik mungkin, mengilustrasikan
poin secara abstrak dengan contoh yang konkrit, bagaimanapun caranya contoh
tersebut dapat membantu untuk mengartikan poin anda.
Terkadang,
penulis mengajukan proposal untuk mengedit bukunya, buku seperti itu memiliki
urutan halaman dengan penulis yang berbeda-beda, semuanya berpusat hanya kepada
satu topik. Dalam kasus buku yang di edit tersebut, sangatlah penting untuk
memperlihatkan adanya keterkaitan di setiap bab. Biasanya buku yang edit tidak
laku dijual.
15.2.5 Persaingan
Buku
Bagian
ini sangat penting karena penerbit ingin tahu apa yang akan mereka hadapi untuk
menjual buku. Penting untuk mengatakan bukan hanya mengenai persaingan, namun
juga mengapa buku anda lebih baik, atau lebih lengkap, lebih terbaru, lebih
luas, dan lain-lain. Prinsip yang sama berlaku untuk buku yang ditulis dan
diedit. Perhatikan pada bagian ini, karena apabila tidak dilakukan dengan baik,
buku anda mungkin akan ditolak. Bukan karena tidak memadai, tetapi karena
persaingan ini dirasa tidak dapat diatasi.
15.2.6
Rincian-rincian
Penerbit
buku ilmiah biasanya memberikan waktu tambahan masa jatuh tempo bila anda tidak
dapat bertemu pada tanggal yang telah anda pilih, berbeda dengan penerbit buku acuan dan buku
yang diperdagangkan dikarenakan subsatansial, dan apabila buku tersebut tidak
diberikan ketika jatuh tempo maka penerbit akan mendapatkan pengurangan
keuntungan.
15.2.7 Kualifikasi
Anda
Anda
harus menentukan kualifikasi anda untuk menulis buku. Hal ini umum untuk menyertakan
riwayat hidup dan mungkin ringkasan dari prestasi-prestasi. Penerbit ingin
memastikan bahwa anda telah memenuhi syarat untuk menulis buku. Selain itu, pengenalan
nama juga penting. Hal ini umumnya lebih mudah untuk penulis yang sudah
terkenal agar proposal bukunya diterima dibandingkan dengan penulis baru.
Namun, para penerbit selalu mencari penulis yang baru, penulis yang berpotensi
untuk sukses, dan jika anda dapat meyakinkan mereka bahwa anda memiliki produk berkualitas
yang akan menjual, mereka mungkin akan cukup tertarik pada buku anda, bahkan
jika anda baru atau sebelumnya tidak dipublikasikan secara luas atau tidak sama
sekali.
15.2.8 Sampel Bab
Beberapa
penerbit mengharuskan anda untuk menyerahkan sampel bab atau beberapa sampel
bab, terutama bila anda bukan penulis terkenal. Ada beberapa penerbit yang
mungkin setuju untuk menerbitkan buku apabila mereka memiliki item yang lengkap
untuk mereka evaluasi.
15.2.9 Ringkasan
Pada
akhir proposal, anda akan merangkum poin-poin utama dari proposal anda. Disini,
mungkin di awal, tidak ada salahnya untuk memperhatikan fitur-fitur khusus. Seperti,
apa fitur tertentu yang buku ini miliki sehingga buku ini akan terjual laku?
Misalnya, apakah anda mengambil pendekatan baru untuk masalah yang menurut anda
itu membatasi untuk menarik perhatian dari pembaca. Penerbit selalu tertarik untuk
mengetahui sudut khusus yang mungkin dapat meningkatkan penjualan.
15.3 PENAWARAN
KONTRAK
Kita
telah membahas apa yang anda butuhkan untuk meyakinkan penerbit mengapa mereka
harus mengontrak buku anda. Tetapi apabila beberapa penerbit tertarik, anda
akan berada pada posisi “apa yang membuat mereka spesial?”. Ada beberapa hal
yang berbeda yang harus dilihat dalam memilih antara penerbit alternatif atau
bahkan memutuskan apakah anda harus memilih banyak alternatif.
15.3.1. Keuntungan
Keuntungan
adalah jumlah uang yang didapat dari presentase penjualan yang dibayarkan
kepada penulis. Keuntungan dapat di bayarkan dari laba kotor ataupun laba
bersih. Dua pembayaran tersebut sangatlah berbeda, dan sangatlah penting untuk
penulis mengetahui bagaimana cara pembayaran keuntungan mereka. Secara
keseluruhan penerbit membagi keuntungan nya kepada penulis dengan presentasi
laba kotor, laba kotor mengacu kepada penjualan bukunya, contohnya bila buku
anda berharga 40$ dan keuntungan anda 10% dari laba kotor maka anda akan
dibayar 4$ per bukunya.
Lebih
sering ditemukan pembayaran keuntungan melalui laba bersih, laba bersih adalah
keutungan yang didapatkan bersih dari penjualan buku tersebut, contohnya
penulis menjual bukunya ke toko buku, walaupun bukunya dijual dengan harga 40$
penerbit akan mendapatkan kurang dari 40$ tersebut dikarenakan toko buku
mendapatkan pengurangan harga karena membeli buku tersebut dari penerbit jadi
toko buku dapat mendapatkan keuntungan dari menjual buku tersebut ke umum.
Keuntungan anda didapatkan dari berapa besar toko buku membayar penerbit
(mungkin 30$). Anda harus mengingat bahwa penerbit menanggung segala
pengeluaran, dan bukan hanya ingin mengganti pengeluarannya tetapi juga
mendapatkan keuntungan, semakin
kompetitif tawaran yang anda dapat maka semakin tinggi pula keuntungan yang
dapat anda negosiasikan.
15.3.2 Uang Muka
Royalti
Uang
muka adalah uang yang dibayar oleh penerbit diawal, untuk mengantisipasi
royalti di masa depan. Setelah buku diterbitkan dan mulai terjual, pembayaran
royalti untuk penulis akan ditahan sampai penerbit mengganti rugi uang muka. Apabila
salinan bukunya tidak terjual mencapai target, penerbit harus mengeluarkan uang
lebih, penulis tidak harus mengembalikan uang muka. Keadaan dimana penulis
harus mengembalikan uang adalah pada saat mereka tidak menyelesaikan buku atau
mereka menyelesaikannya tapi penerbit meganggap naskah tidak dapat diterima dan
menolak untuk menerbitkannya.
Beberapa penerbit memberikan uang
muka royalti yang kecil. Secara umum, kecuali anda seorang penulis terkenal
atau memiliki penawaran yang kompetitif, anda seharusnya tidak mengharapkan
uang muka royalti.
15.3.3 Pembayaran
Royalti
Periksalah
ketika royalti dibayar. Kebanyakan penerbit membayar sekali dalam setahun. Merupakan
keuntungan anda apabila royalti dibayar dua kali dalam setahun, karena anda
menerimanya lebih cepat setelah buku terjual. Royalti dibayar pada bulan yang
bervariasi, meskipun biasanya royalti akan dibayar pada bulan Mei. Penerbit
umumnya tidak fleksibel dalam jadwal pembayaran royalti, karena mereka
cenderung untuk mengerjakan semua pembukuan akutansi pada waktu yang sama.
15.3.4 Keterlambatan
Publikasi
Keterlambatan
penerbitan adalah waktu antara pengajuan draft akhir buku anda dan penerbitan
buku tersebut. Waktu para penerbit dalam menerbitkan sebuah buku sangat
berbeda. Biasanya, keterlambatan publikasi tidak lebih dari satu tahun. Anda
dapat menulis ke dalam kontrak mengenai jangka waktu yang masuk akal, meskipun
penerbit biasanya akan menuliskan alasan penundaan yang dikarenakan alasan yang
tak terduga. Untuk meminimalkan keterlambatan publikasi, anda harus menyerahkan
buku dalam bentuk yang efisien bagi penerbit. Misalnya memberikan naskah dalam
berbentuk elektronik seperti e-mail.
15.3.5 Pemasaran dan
Usaha Mempromosikan
Penerbit
akan jarang menulis ke dalam kontrak pemasaran dan promosi yang akan
mengerjakan buku anda, tetapi mereka mungkin bisa menuliskan surat secara
terpisah. Surat tersebut biasanya tidak memiliki kekuatan hukum, dengan
demikian surat itu menunjukkan moral daripada komitmen hukum. Dalam penerbitan,
perjanjian secara lisan tidak begitu berarti, jika anda tidak mempunyainya
dalam tertulis, maka anda tidak mendapatkan perjanjiannya. Anda harus mendapat
kejelasan mengenai apa rencana penerbit untuk mempromosikan buku anda. Buku
memerlukan usaha dalam hal pemasaran, dan anda harus mencari tau menganai
pemasaran sebanyak mungkin.
15.3.6 Penampilan
Fisik dari Buku
Setiap
penerbit mempunyai pandangan yang berbeda dalam menilai tampilan dari buku. Pandangan
mereka juga berbeda dalam melihat kualitas dari bahan buku. Anda harus meninjau
buku yang telah diterbitkan oleh penerbit dan memeriksa kualitas penjilidan, kertas,
percetakan, dan lain-lain.
15.3.7 Kebijakan
Mencetak
Beberapa
penerbit menyimpan sebagian besar dari buku mereka dalam bentuk cetakan dalam
bertahun-tahun. Penerbit lainnya menghentikan mencetak bukunya apabila buku
tersebut sudah tidak terjual lagi salinannya. Sebuah keuntungan anda untuk
menanyakan kepada penerbit kebijakan mencetaknya, karena hal ini memiliki efek
yang besar terhadap kelangsungan buku anda kedepannya.
15.3.8 Pekerjaan di
dalam penerbitan
Anda
harus membuat negosiasi kontrak yang jelas dengan pihak penerbit tentang tugas
yang harus dilakukan semua pihak, banyak buku sekolah yang memisahkan antara
indeks penulis dengan indeks mata pelajaran. selain itu penerbit bertentangan
mengenai siapa yang akan mengcopy dan mengedit script yang telah mereka terima.
Copy editing sangatlah penting dikarenakan berkaitan dengan pembenaran beberapa
kesalahan yang ada dibuku. Maka dari itu sangatlah penting untuk memiliki copy
editor yang handal.
15.3.9 Komunikasi
Kualitas
dan kuantitas berkomunikasi dengan setiap penerbit berbeda, mereka lebih bergantung
pada omongan kita mengenai buku tertentu. Beberapa perwakilan dari penerbit
terlihat “menghilang” pada saat anda menandatangani kontrak, dan yang lainnya
ada untuk mendukung anda di seluruh proses menulis buku. Memiliki editor yang
baik untuk bekerja dapat membuat seluruh proses penerbitan berjalan dengan lancar,
begitu juga kebalikannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sebelumnya
dengan siapa anda bekerja.
15.3.10 Aspek
tersembunyi yang ada di dalam kontrak
Walaupun
kita tidak memerlukan pengacara untuk penulis buku ilmiah, tetapi penulis buku
acuan dan buku yang diperdagankan memerlukan pengacara. Dan bukanlah ide yang
buruk untuk memperlihatkan kontrak buku ilmiah kepada pengacara. Terkadang
banyak hal-hal yang tidak dapat kita sadari didalam kontrak tetapi pengacara
sadari. Setiap kontrak yang kita perlihatkan kepada pengacara memiliki sesuatu
bagian yang merugikan penulis yang terkadang tidak kita sadari. Bagaimanapun
anda harus selalu membaca kontrak dengan sangat hati-hati, jangan selalu
berpikiran bahwa kontrak yang ditulis isinya hanya menguntungkan anda sendiri.
Bagaimanapun ini tetaplah bisnis, penerbit ingin mendapatkan keuntungan, jadi,
bacalah baik-baik dan apabila anda memiliki keraguan akan kontraknya jangan
segan tanyakan kepada pengacara, kami merekomendasikan untuk menemui pengacara yang
spesialis dibidang kontrak, karena pengacara yang spesialis biasanya lebih
mengerti dibandigkan pengacara yang bukan spesialisasinya.
15.3.11 Reputasi dari
penerbit
Terakhir
yang terpenting harus kita pertimbangkan adalah reputasi dari penerbit.
Penerbit seperti juga dengan organisasi berbeda pula dalam hal kualitas.
Beberapa darinya memiliki reputasi dan beberapa tidak, beberapa dikenal di
mana-mana dan beberapa ada yang sebelum buku anda di terbitkan telah
menghilang. Mencari informasi tentang penerbit yang ingin bekerja sama dengan
anda melalui orang-orang yang telah bekerja sama dengan penerbit tersebut.
Salah satu ciri-ciri penerbit yang bagus adalah terus menerus nya terbitan baru
dari penulis yang bekerja sama bersama penerbit adalah tanda yang baik, jangan
berasumsi penerbit tersebut bagus karena anda pernah mendengarnya atau memiliki
kantor yang bagus.
Diantara
kita, kita telah menulis dan mengedit lebih dari 100 buku sebagai psikologi menulis dan mengedit adalah
salah satu pengalaman yang paling
menyenangkan. Pengalaman kita sangatlah beragam dari yang sangat bagus sampai
yang sangat buruk, tetapi kita telah belajar dari pengalaman, bila anda menulis
buku walaupun anda mengalami kecemasan, nikmatilah anda berada dipengalaman
yang menantang, menguntungkan dan menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar